You need to enable javaScript to run this app.

Tujuan Dan Strategi Sekolah

  • Rabu, 20 Januari 2010
  • Administrator
  • 0 komentar

Tujuan sekolah merupakan penjabaran dari pernyataan misi, sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Penetapan tujuan pada umumnya didasarkan pada faktor-faktor kunci keberhasilan yang dilakukan setelah penetapanvisi danmisi.Tujuan tidak selalu harus dinyatakan dalam bentuk kuantitatif, tetapi harus dapat menunjukkan kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang.

Tujuan Umum:

Sesuai dengan tujuan sekolah menengah, sekolah ini menetapkan tujuan umumyaitu: meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusiayang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis sertabertanggung jawab.

Tujuan Khusus:

  1. Meningkatkan jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi kedinasan dan perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi (SNMPTN), SBMPTN, dan ujian mandiri.
  2. Menyiapkan peserta didik untuk dapat berkerja sesuai dengan bakat, minat, kemampuan, dan ketrampilan agar menjadi/memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneur).
  3. Menyiapkan peserta didik untuk dapat memahami dan mengamalkan ajaran agamadan nilai-nilai luhur bangsa dan negara dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Mewujudkan lulusan yang ber-IMTAQ, menguasai IPTEK, mampu bersaing di era global.
  5. Mewujudkan budaya belajar, membaca, dan menulis.
  6. Menciptakan dan menyelengarakan proses pendidikan yang berorientasi pada targetpencapaian efektivitas proses pembelajaran berdasarkan konsep MPMBS.
  7. Mewujudkan sistem kepemimpinan yang kuat dalam mengakomodasikan, menggerakan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
  8. Mengelola tenaga kependidikan secara efektif berdasarkan analisis kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, evaluasi kerja, hubungan kerja, imbal jasa yang memadai.
  9. Penanaman budaya mutu kepada seluruh warga sekolah yang didasarkan padaketerampilan/ skill dan profesionalisme.
  10. Menciptakan sistem kebersamaan melalui teamwork yang kompak, cerdas dandinamis dalam rangka menghasilkan output pendidikan yang memadai.
  11. Menciptakan sikap kemandirian secara kelembagaan melalui peningkatan sumber daya yang memadai.
  12. Mengembangkan dan meningkatkan adanya partisipasi seluruh warga sekolah dan masyarakat dengan dilandasi sikap tanggung jawab, dan dedikasi.
  13. Menciptakan dan mengembangkan sistem pengelolaan yang transparan (terbuka) dalam pengambilan keputusan, pengelolaan anggaran dan sebagainya.
  14. Program peningkatan mutu, kualitas prestasi output peserta didik dalam bidang akademik maupun non akademik secara berkelanjutan .
  15. Memprioritaskan pelayanan pendidikan kepada para peserta didik dalam rangka meningkatkan standar pelayanan minimum.
  16. Memberi rasa kepuasan bagi seluruh warga sekolah (staf) sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
  17. Mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, dan memuaskan kepada masyarakat.
  18. Mewujudkan budaya disiplin, tertib, demokratis, dan beretos kerja tinggi.
  19. Mewujudkan budaya jujur, ikhlas, sapa, senyum, dan santun.
  20. Mewujudkan lingkungan hidup di SMA Negeri 1 Ngawen yang sehat nyaman, indah, alami dan asri dengan upaya peningkatan pelestarian fungsi lingkungan serta pencegahan terjadinya pencemaran dan
    kerusakan lingkungan
Bagikan artikel ini:
Muhammad Bisri Arifin, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum wr. Wb. Puji syukur kehadirat Alloh Subhanahu Wata’ala karena rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya, akhirnya pembuatan website sekolah...

Berlangganan